1. Mengacu kepada Permendiknas nomor 22, 23, dan 24 tahun 2006 tentang Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan dan Ketentuan Pelaksanaannya, Peraturan Daerah Provinsi Jawa Barat tentang Muatan Lokal Wajib, maka Struktur Kurikulum SMP Puspanegara disusun untuk kelas VII menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP) 2006 dan untuk kelas VIII dan IX mnggunakan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) 2004 dengan alokasi waktu sebagai berikut :
KOMPONEN | Kelas VII | Kelas VIII | Kelas IX |
A. Mata Pelajaran | | | |
1. Pendidikan Agama | 2 | 2 | 2 |
2. Pendidikan Kewarganegaraan | 2 | 2 | 2 |
3. Bahasa Indonesia | 4 | 4 | 6 |
4. Bahasa Inggris | 4 | 4 | 4 |
5. Matematika | 4 | 4 | 6 |
6. Ilmu Pengetahuan Alam | 4 | 4 | 4 |
7. Ilmu Pengetahua Sosial | 4 | 4 | 6 |
8. Seni Budaya | 2 | 2 | 2 |
9. Pendidikan Jasmani, Olah Raga, dan Kesehatan | 2 | 2 | 3 |
10. Keterampilan/Teknologi Imformatika | 2 | 2 | 2 |
B. Muatan Lokal : | | | |
- | 2 - | 2 - | 2 - |
C. Pengembangan Diri | 2 *) | 2 *) | 2 *) |
Jumlah jam Perminggu | 32 | 32 | 39 |
Muatan Kurikulum SMP Puspanegara, sebagai berikut :
a. Mata Pelajaran :
· Mata Pelajaran yang wajib Nasional :
1) Pendidikan Agama
2) Pendidikan Kewarganegaraan
3) Bahasa Indonesia
4) Bahasa Inggris
5) Matematika
6) IPA
7) IPS
8) Pendidikan Jasmani
9) Seni Budaya
10) Teknologi Informasi dan komunikasi
· Mata Pelajaran Pilihan Sekolah ( MULOK ):
1) Bahasa Sunda
b. Pengembangan Diri :
· Pembentukan Karakter melalui pembiasaan dalam kegiatan :
1) Rutin:
a). Upacara Bendera setiap tanggal 17 Agustus
b). Sholat Berjamaah
c). Menyimak bacaan
d). Berdoa sebelum dan sesudah belajar
e). Pemeriksaan kebersihan badan serta pakaian sebelum masuk kelas
f). Pemeriksaan kesehatan (minggu pertama setiap bulan)
h). Menyima Tanaman
i). Membersihkan serta halaman sebelum dan sesudah belajar
j). Membaca buku di perpustakaan
2). Terprogram
a). Kegiatan Keagamaan (Pesantren Kilat)
b). Pekan kreatifitas dan olah raga antar kelas
c). Peringatan hari-hari besar Nasional
d). Karya wisata, darma wisata, study tour
3). Spontan
a). Memberi salam
b). Membaca doa setelah berbangkis dan menjawab orang yang telah berbangkis
c). Membuang sampah pada tempatnya
d). Membiasakan antry
e). Membantu temannya yang terkena musibah
f). Berdiskusi dengan baik dan benar
4). Teladan
a). Berpakaian rapih dan bersih
b). Tepat waktu dalam segala hal
c). Penampilan sederhana
d). Tidak merokok di lingkungan sekolah
· Pengembangan potensi dan ekspresi diri :
1) Sesuai minat dan bakat
a) Kepemimpinan dan Bela Negara
b) Seni
c) Olah raga
d) Kajian Kelompok Mata Pelajaran
e) Kajian Mulok dan Keterampilan
2) Wajib diikuti peserta didik :
a) Pengembangan Karier ( BP/BK )
b) Bimbingan Belajar
c) Budi Pekerti
3) Pilihan :
a) Kepramukaan
b) Olah raga dan Seni
c) Keagamaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar